Tokoh-tokoh Peristiwa Sekitar Proklamasi

Siapakah dua orang ini? (Sumber: BBC)

Kenalkah kalian dengan dua orang di atas? Keduanya adalah Mendur bersaudara: Alex Mendur dan Frans Mendur. Dalam pelaksanaan proklamasi mereka berperan dalam mengabadadikan peristiwa proklamasi melalui kamera foto. Foto ikonik Bung Karno yang sedang membacakan naskah proklamasi adalah karya mereka berdua, disamping beberapa foto lain yang jarang dilihat orang. Besarnya peran mereka tidak terlepas dari fakta bahwa kedatangan mereka ke Pegangsaan Timur No. 56 untuk mengabadikan peristiwa proklamasi merupakan inisiatif mereka pribadi, karena situasi yang genting dan mendesak membuat panitia pelaksana proklamasi melupakan banyak, salah satunya adalah pendokumentasian.

Peran Mendur bersaudara sebagai tokoh minor (kecil) dalam lintasan sejarah merupakan bukti bahwa proklamasi adalah perjuangan banyak orang. Karena itu melalui pembelajaran tokoh-tokoh peristiwa sekitar proklamasi, kalian diajak untuk berkenalan tokoh-tokoh yang terlibat peristiwa tersebut. Sebagai pengantar, silahkan baca artikel di bawah.

*****

Ir. Sukarno

Sukarno, biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Bung Karno aktif dalam pergerakan kebangsaaan sejak kuliah di Bandung, satu hal yang membuatnya sering keluar-masuk penjara.

Pada masa Jepang ia adalah ketua PUTER, Chuo Sangi In, dan PPKI. Ia berperan sebagai perumus naskah proklamasi bersama Mohammad Hatta dan Ahmad Subarjo. Ia dan Hatta dipercaya sebagai penandatangan naskah proklamasi sekaligus pembaca naskah proklamasi. Ia pun dikenal sebagai pahlawan proklamator.

Bung Karno wafat pada 21 Juni 1970, dan dimakamkan di Blitar.

Drs. Mohammad Hatta. 

Moh. Hatta, juga dipanggil Bung Hatta, lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1902. Selama mahasiswa ia aktif dalam perjuangan kemerdekaan. Ia menjadi ketua Perhimpunan Indonesia di Belanda. Setelah kembali ke Indonesia ia aktif di PNI dan PNI Baru.

Pada masa Jepang ia adalah salah satu pemimpin PUTERA, anggota BPUPKI, dan Wakil Ketua PPKI. Ia terlibat dalam perumusan naskah proklamasi bersama Sukarno dan Ahmad Subarjo, dan mendampingi Bung Karno saat pembacaan proklamasi. Ia pun dikenal sebagai pahlawan proklamator.

Bung Hatta wafat pada 14 Maret 1980, dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir, Jakarta.

Ahmad Subarjo

Ahmad Subarjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada 23 Maret 1896. Ia aktif di PI dan PNI pada masa kebangkitan nasional. Pada masa Jepang ia bekerja di Kantor Kepala Biro Riset Angkatan Laut Jepang pimpinan Laksamana Maeda. Ia juga anggota BPUPKI dan PPKI.

Ia berjasa mengakhiri peristiwa Rengasdengklok dengan menjaminkan nyawanya pada para pemuda. Bersama Bung Karno dan Bung Hatta ia berjasa dalam merumuskan naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda.

Sukarni Kartodiwiryo

Sukarni lahir di Blitar, Jawa Timur pada 14 Juli 1916. Selama masa pendudukan Jepang ia bekerja di kantor berita Domei, disamping aktif sebagai pemimpin gerakan pemuda yang berpusat di Asrama Pemuda Angkatan di Menteng Raya 31 Jakarta.

Sukarni adalah pelopor penculikan Sukarno dan Hatta. Ia juga pengusul agar naskah proklamasi ditandatangani oleh Sukarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia. Selain itu, ia memimpin pertemuan untuk membahas strategi penyebarluasan naskah dan berita proklamasi.

Sayuti Melik

Sayuti Melik lahir di Yogyakarta pada 25 November 1908. Ia adalah aktifis dan jurnalis. Pada masa Jepang ia bekerja sebagai pemimpin redaksi surat kabar Sinar Baru di Semarang. Saat penyusunan naskah proklamasi, ia berperan sebagai pengetik naskah proklamasi tulisan tangan Sukarno.

Burhanuddin Mohammad Diah

B. M. Diah lahir di Kotaraja, Aceh pada 7 April 1917. Ia adalah wartawan berbakat dan menjadi redaktur di berbagai surat kabar pada masa penjajahan Belanda. Pada masa Jepang ia bekerja pada radio militer dan harian Asia Raya. Ia berperan menyelematkan naskah proklamasi tulisan tangan Sukarno yang dibuang Sayuti Melik dan menyebarkan berita proklamasi.

Latif Hendradiningrat

Latif Hendradiningrat adalah komandan Peta. Ia bertugas menjemput beberapa tokoh ke Pegangsaan Timur No. 56. Saat proklamasi ia bertugas memimpin barisan dan mengibarkan bendera dibantu S. Suhud dan SK. Trimurti sebagai pembawa bendera.


S. Suhud

S. Suhud adalah petugas pengibar bendera. Sebelumnya ia ditugaskan mencari tiang untuk mengibarkan bendera. Karena situasi yang tegang dan mendesak, tiang yang ia gunakan adalah sebatang bambu.

Suwiryo

Suwiryo adalah walikota Jakarta Raya. Ia adalah ketua penyelenggara upacara proklamasi, karena itu sibuk menyiapkan segala kebutuhan acara.

dr. Muwardi

Muwardi adalah tokoh pemuda yang bertanggungjawab menjaga keamanan Sukarno dan Hatta sebelum dan sesudah proklamasi kemerdekaan. Ia dibantu para anggota Barisan Pelopor dan Peta.

Sutan Syahrir

Sutan Syahrir lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat pada 5 Maret 1909. Ia aktif dalam pergerakan kemerdekaan setelah lulus SMA di Bandung, salah satunya mendirikan Jong Indonesia. Pada masa Jepang ia memimpin gerakan bawah tanah. Setelah Jepang menyerah pada Sekutu ia mendesak Sukarno dan Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Frans Mendur dan Alex Mendur

Mendur bersaudara berjasa mengabadikan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui kamera foto.

Syahruddin

Syaharuddin adalah wartawan Domei. Ia menyelinap ke gedung siaran untuk menyerahkan naskah proklamasi kepada kepala bagian siaran.

F. Wuz dan Yusuf Ronodiporo

Wuz dan Yusuf adalah penyiar-penyiar yang menyebarkan berita proklamasi.

*****

Dari pengantar di atas, tokoh-tokoh mana saja yang sebelumnya sudah kalian kenal? Siapa tokoh favoritmu?

Silahkan baca buku Sejarah Indonesia kelas XI halaman-halaman 124-133 untuk mendapatkan pemahaman lebih detail. Gunakan majalah sejarah online Historia dan Tirto untuk mendapatkan informasi-informasi populer yang berhubungan dengan tokoh-tokoh peristiwa proklamasi.

Selanjutnya buatlah vlog role-playing salah satu tokoh peristiwa sekitar proklamasi kemudian unggah ke Padlet berikut: Papan Buletin Indonesia Merdeka

Jika ada pertanyaan tentang materi, sampaikan di kolom komentar. Untuk hal-hal teknis menyangkut pengerjaan dan pengumpulan tugas dan latihan soal, silahkan tanyakan di grup WhatsApp.


EmoticonEmoticon